Skip to main content
header-image
Aviation

Mendukung  Penerbangan Jarak Jauh: Mesin Raksasa Yang Memperkecil Dunia Sudah Beroperasi 25 Tahun

April 04, 2021

Sebelumnya dibutuhkan 4 mesin untuk menerbangkan sebuah pesawat yang menempuh jarak jauh – namun GE90 mampu mengubah semuanya. Diperkenalkan pada 1990, mesin bersejarah ini memungkinkan pesawat jet berbadan lebar Boeing  777 hanya menggunakan 2 mesin, menghemat bahan bakar dan biaya perawatan dan berjasa meningkatkan sektor logistik, ekonomi dan estetika terkait penerbangan jet. Hingga tahun lalu GE90 muncul sebagai mesin pesawat paling bertenaga di dunia sebelum digeser oleh mesin GE lain, yakni GE9X.  Namun, pada awal tahun ini GE90 masih mencatat rekor sebagai mesin jet yang telah melampaui 100 juta jam terbang. Nah, tanggal 17 November 2017 merupakan tonggak sejarah ketika mesin ini merayakan 25 tahun sejak dipasang pada Boeing 777 yang dioperasikan oleh British Airways.

Namun GE90 sama sekali belum siap untuk pensiun. GE telah menyediakan lebih dari 2.800 mesin GE90 dengan berbagai varian kepada 70 operator di seluruh dunia. GE Capital Aviation Services belum lama ini juga menerima pesanan pertama untuk varian pesawat jet kargo 777 dari Kalitta Air

GE90 juga memulai suatu revolusi inovasi yang membuka jalan untuk mesin GE termutakir yang hemat bahan bakar. “Semuanya dimulai dengan mesin ini,” kata Jim Elliot, seorang principal engineer di GE.  “Mesin ini telah melampaui semua ekspektasi dan menarik semua perhatian di industri dirgantara.” Prestasi pemecahan rekor hanya sebagai permulaan:  Teknologi yang dikembangkan untuk GE90, termasuk semua komponen 3D printing serta bilah-bilah kipas yang terbuat dari komposit serat karbon keras dan ringan berperan sebagai batu loncatan untuk mesin sejenis GEnx dan GE9X. (Ada juga bentuk bilah kipas yang nampak anggun dan menyala dan membantu mesin menyerap udara secara efisien. Bilah kipas jenis ini kemudian masuk dalam koleksi Museum of Modern Art New York). Dalam kurun waktu seperempat abad, mesin-mesin ini telah terbang kurang lebih 55.7 miliar mil, sama dengan 300 perjalanan pergi pulang ke dan dari matahari.

Gambar atas: Almarhum Brian Rowe dengan GE90. Rowe memimpin GE Aviation dari tahun 1979 sampai dengan 1993 dan meluncurkan beberapa mesin jet baru, termasuk GE9.