Skip to main content
header-image
Energy

Menjawab Tantangan Transisi Energi

Larry Culp, Chairman & CEO GE
December 03, 2020

 

A picture containing object, engine, bicycle, sitting

Description automatically generated

GE sudah lama berkomitmen untuk memberi kepuasan kepada pelanggan dan mengatasi sejumlah tantangan terbesar di dunia. Perubahan iklim jelas merupakan tantangan terbesar, dan karena itulah kami telah mempertajam fokus strategis pada peran GE dalam membantu memperlancar transisi energi dunia. Inilah satu topik rutin dalam diskusi dengan direksi, tim pimpinan senior dan para investor, dan topik ini semakin menjadi pusat pembicaraan dengan para pelanggan yang berupaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Sejarah inovasi kami, jejak langkah global kami dan beragam industri yang menjadi kegiatan kami, semua ini membuat kami memiliki posisi yang unik untuk mengembangkan solusi untuk menjawab tantangan zaman ini.

Menetapkan Tujuan Baru: Netralitas Karbon

Saat ini GE tengah menetapkan target, yakni mencapai netralitas karbon dalam operasionalnya pada tahun 2030. Dengan lebih dari 1.000 fasilitas di seluruh penjuru bumi yang mencakup berbagai pabrik, tempat uji coba, gudang dan perkantoran, maka dampak dari kegiatan industri manufaktur GE memiliki skala yang cukup besar. Oleh karena itu, bila kami berhasil mencapai tujuan kami maka akan terjadi pengurangan emisi gas rumah kaca yang cukup signifikan.

Kami menargetkan agar sebagian besar dari kemajuan kami dalam upaya mencapai sasaran di tahun 2030 diperoleh melalui pengurangan emisi langsung dan penggunaan energi yang berasal dari investasi operasional, penggunaan daya listrik pintar, dan penghapusan pemborosan. Para pegawai kami saat ini menggunakan lean untuk mengadakan sesi pelatihan keberlanjutan yang berangkat dari situasi konkret di lokasi mereka. Selain itu, lean juga digunakan untuk mengidentifikasi peluang untuk menurunkan penggunaan energi, dan untuk menghitung dan melacak berbagai biaya dan keuntungan. Upaya terdahulu GE di bidang ini membuat kami mampu melampaui target pengurangan gas rumah kaca tahun 2020 melalui penurunan emisi dari kegiatan operasi kami di tahun 2011 hingga 2019. Berbagai investasi dan perbaikan ini berdampak positif pada keuangan kami dan bagi dunia, dan para pegawai di seluruh lini usaha GE semakin bersemangat dan bangga dalam membantu mencari solusi untuk permasalahan ini.

Baru-baru ini kami juga mengumumkan bahwa GE tengah berupaya untuk melangkah keluar dari pasar turbin baru bertenaga batubara. Inilah langkah signifikan yang menekankan adanya keterkaitan antara dekarbonisasi, dinamika pasar dan strategi bisnis kami.

Terdepan dengan Teknologi

Perubahan iklim tidak bisa diatasi tanpa adanya kemajuan substantif dalam teknologi. Sebagai perusahaan yang diisi oleh para inovator selama lebih dari 120 tahun, GE memiliki posisi yang unik, dan kami memperluas jangkauan global kami, keahlian dan kemampuan engineering kami yang canggih untuk menghadapi tantangan terberat zaman ini. Berbagai produk kami yang inovatif dan efisien tengah memberikan dampak yang signifikan pada kemampuan dunia untuk melakukan dekarbonisasi, antara lain:

Onshore wind. Platform onshore wind berkapasitas dua megawatt, kini sudah hampir mencapai kapasitas terpasang sebesar 20 gigawatt di seluruh dunia, atau cukup untuk memberikan daya listrik ke 6 juta rumah di Amerika Serikat (AS).

Offshore wind. Ladang angin lepas pantai terbesar di dunia di Dogger Bank, North Sea, akan menggunakan turbin Haliade-X produksi GE yang menghasilkan daya listrik sebesar 13 megawatt dan menjadi turbin angin lepas pantai yang paling bertenaga di dunia.

Tenaga Gas. Turbin HA bertenaga gas telah mencatat rekor dunia dan menjadi turbin gas yang paling efisien. Turbin tersebut dibuat untuk melengkapi variabel dalam energi terbarukan dan menjadi yang paling fleksibel di industrinya.  Pembangkit listrik bertenaga hidrogen yang dibangun untuk tujuan khusus pertama di AS baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk menggunakan turbin GE 7HA.02, yang mampu melakukan transisi menuju penggunaan hidrogen 100% secara bertahap.

Tenaga nuklir. Kementerian Energi AS baru saja memberikan pendanaan untuk demonstrasi reaktor canggih dengan teknologi Natrium GE (yang dikembangkan bersama dengan mitra kami TerraPower). Sementara itu, operator pembangkit listrik terbesar Kanada baru-baru ini memilih reaktor modular kecil kami BWRX-300 untuk menjadi teknologi utama dalam upaya pengembangan pembangkit listrik lebih lanjut. Teknologi nuklir canggih ini mampu memberikan pasokan beban dasar yang andal (dependable base load) dan kapasitas yang fleksibel, serta memainkan peran penting dalam transisi energi.

Penerbangan. Mesin pesawat GE9X, mesin pesawat terbesar dan paling bertenaga di dunia, juga merupakan mesin yang paling efisien buatan kami. Mesin pesawat tersebut dirancang untuk memberikan efisiensi bahan bakar sebesar 10% lebih besar daripada mesin pendahulunya. Inilah puncak dari pembaruan dalam portofolio mesin komersial, yang setiap lini produk barunya memberikan kemajuan dalam efisiensi bahan bakar.  

Inilah sejumlah investasi yang dilakukan GE dalam beberapa tahun terakhir untuk memberikan teknologi yang lebih efisien bagi para pelanggan.

Berbagai kemajuan teknologi seperti ini merupakan inti dari strategi bisnis GE, dan kami akan terus berinvestasi dalam Riset dan Pengembangan (R&D). Kami terus mengembangkan berbagai produk generasi mendatang serta sejumlah terobosan baru yang akan menjadi diferensiasi komersial kami. GE tengah menjawab sejumlah tantangan teknologi zaman ini dan bermitra dengan pelanggan untuk memberikan berbagai inovasi sesuai yang dijanjikannya.

Menjawab Tantangan Dekarbonisasi di Seluruh Industri GE

Kami juga melakukan dialog terus-menerus dengan para pelanggan, pemasok dan pemangku kepentingan lainnya tentang pengurangan emisi di seluruh value chain dalam industri kami. Upaya kami dalam mengembangkan pendekatan untuk  menurunkan emisi memang rumit, namun upaya tersebut perlu sekali dilakukan. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk meneruskan upaya ini dengan menekankan pada bidang-bidang yang memberikan dampak terbesar dalam berbagai sektor usaha GE.

Saat ini kami tengah melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan industri GE. Di sektor pembangkit listrik – yang merupakan industi penting dalam transisi energi ketika seluruh bidang perekonomian memanfaatkan daya listrik – kami memberikan sejumlah solusi dekarbonisasi. Berbagai solusi tersebut menjawab perbedaan yang ada di berbagai negara dan kawasan, khususnya perbedaan dalam kebutuhan energi dan ketersediaan sumber dayanya. Di saat perusahaan penyedia layanan publik, perusahaan pembangkit tenaga listrik, operator jaringan listrik dan regulator di seluruh dunia menetapkan target dekarbonisasi mereka masing-masing di sektor energi, beragam produk GE akan membuat mereka mampu mencapai target mereka. Berbagai produk GE tersebut terdiri dari pembangkit listrik bertenaga angin, gas alam, nuklir, dan layanan peningkatan jaringan dan berbagai solusi seperti penangkapan hidrogen dan karbon yang kemungkinan besar akan semakin memainkan peran penting dengan berjalannya waktu. GE Aviation telah menjadi salah satu perusahaan terdepan dalam melakukan inisiatif dari industri penerbangan untuk mengurangi emisi karbondioksida dalam jumlah bersih sebesar 50% pada tahun 2050, sehingga mencapai tingkat emisi yang sama dengan di tahun 2005. Sementara itu, di GE Healthcare, para pelanggan dan mitra kami semakin aktif mempelajari dampak perubahan iklim pada kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, kami semakin memberikan perhatian pada aspek keberlanjutan di seluruh kegiatan manufaktur, pengadaan sumber daya, distribusi dan instalasi, juga dalam pemberian layanan dan dukungan terkait beragam produk kami.

Di saat upaya dekarbonisasi di tingkat global terus menentukan bentuk produksi dan konsumsi energi dalam beberapa dasawarsa mendatang, GE akan memainkan peran penting dalam transisi energi dalam berbagai industri yang kami layani.

Di semua bidang usaha GE, tim kami tengah bangkit untuk menjawab tantangan dan berinovasi demi pelanggan kami dan untuk seluruh dunia. Sebagaimana dalam sejarahnya, GE tengah berinvestasi dalam teknologi yang akan menentukan masa depan kita. Membangun dunia yang berfungsi dengan baik menjadi maksud dan tujuan (purpose) GE, dan menjawab tantangan perubahan iklim sangat penting untuk memenuhi maksud dan tujuan GE bagi pelanggan, pegawai dan komunitas kami.