Skip to main content
header-image
GE Aviation

Kemajuan Besar: FAA Sertifikasi Mesin Jet Paling Kuat di Dunia

December 03, 2020

Dua dasawarsa yang lalu, para insinyur GE pergi menyebar ke seluruh penjuru industri penerbangan, dan menanyakan kepada pelanggan tentang hal apa yang mereka inginkan ada di dalam sebuah mesin jet. Para insinyur itu pulang dengan sebuah daftar panjang yang memuat 300 hal, tapi dari semua itu ada satu permintaan sederhana yang paling diinginkan: efisiensi bahan bakar. Alasannya? Biaya bahan bakar hampir mencapai seperlima biaya operasional dari maskapai penerbangan.

Para insinyur tersebut berkesempatan bekerja sama dengan Boeing untuk memenuhi keinginan dari maskapai penerbangan: sebuah mesin yang dinamakan GE9X. Mesin GE9X dirancang untuk pesawat Boeing 777X dan akan 20% lebih efisien dari generasi pendahulunya. Pada hari Jumat, mesin yang sangat efisien itu tinggal satu langkah lagi untuk bisa mulai digunakan, karena pada hari itu mesin tersebut mendapatkan sertifikasi dari Federal Aviation Administration. Sertifikasi itu merupakan satu capaian penting dan merupakan lampu hijau bagi GE untuk memproduksi mesin GE9X secara komersial.

Mesin GE9X ternyata juga menjadi mesin jet yang paling bertenaga di dunia, karena digunakannya teknologi yang masih jarang dikenal di dunia pada peralihan abad ini. “Kami telah mengembangkan sebuah kombinasi mesin pesawat terbang yang menurut pendapat saya akan tak terkalahkan di pasaran,” kata Karl Sheldon, senior engineering executive GE Aviation, yang terlibat dalam proyek ini.

Sheldon yang merupakan seorang insinyur mekanik dan telah bekerja hampir dua dasawarsa di GE, tahu apa yang dikatakannya. Dia mengawali karirnya di GE Research, tempat para ilmuwan mengembangkan material dengan berat sedang, namun tahan panas, yakni komposit matrik keramik (CMCs). Material CMCs ini membuat komponen inti dari GE9X mampu menahan temperatur hingga setinggi 2.400 derajat Fahrenheit – yang mampu melunakkan paduan logam paling mutakhir sekalipun. Pada temperatur ekstrem ini, mesin bisa membakar bahan bakar dengan lebih efisien, dan karena itu mampu menghasilkan daya yang lebih besar dengan emisi yang lebih sedikit.