Skip to main content
ge indonesia

Arka W. Wiriadidjaja: Komitmen dan Optimisme GE Indonesia

July 21, 2020
header-image

“Saya ingin menjadi astronot,” ujar Arka W. Wiriadjaja yang ditunjuk sebagai Market Development GE Indonesia yang baru, ketika ditanyakan apa cita-cita masa kecilnya dulu. Memang, profesi yang ia jalani saat ini sangat jauh berbeda dengan astronot, namun cita masa kecil itu menanamkan dua sikap penting, yaitu keingintahuan yang tinggi dan imajinasi yang luas; dua sikap yang menjadi semacam Yanar dag atau api yang tak pernah padam sepanjang perjalanan kariernya.

Arka yang tumbuh besar di Jerman menyelesaikan Pendidikan sarjananya University of Applied Sciences Sudwestfalen, Jerman dari jurusan Mechatronic Engineering. Kemudian ia melanjutkan master di Swiss German University, dan Master di bidang Engineering Management dari UPM Kuala Lumpur, Malaysia. Memiliki kesempatan untuk hidup di bemacam tempat membuatnya mudah beradaptasi akan lingkungan yang baru.

“Selain kesempatan belajar, saya juga bekerja dengan beberapa perusahaan multinasional yang memberikan perspektif yang berbeda bagi saya dalam melakukan pendekatan terhadap pekerjaan dan proses pembuatan keputusan, meningkatkan rasa percaya diri, memberikan sejumlah tantangan yang membuat saya mampu bekerja bersama dengan tim yang berbeda-beda di berbagai negara, sehingga membantu saya masuk dan membangun hubungan dengan jaringan kerja yang lebih luas,” tegas Arka.

Bonding Kuat Dengan GE

Arka bukanlah pendatang baru di GE. Ia memulai kariernya sebagai APAC Strategic Marketing Manager pada 2015 dan kemudian menjadi Country Sales Manager di GE Power Conversion pada tahun berikutnya. Menurutnya, ketika itu ia bekerja dengan tim yang sangat berdedikasi dalam mengembangkan bisnis GE di berbagai sektor, khususnya pembangkit listrik, minyak dan gas, perkeretaapian, dan maritim. Ha inilah salah satu alasan yang membuatnya memiliki ikatan yang kuat dengan GE dan yang juga menjadi alasan yang kuat ketika memutuskan untuk kembali.

“Melalui teknologinya, GE memainkan peran yang sangat besar dalam eksplorasi ruang angkasa. Namun, lebih jauh lagi ternyata GE memiliki kontribusi yang besar di berbagai sisi kehidupan,” Ujar Arka. “Rasanya meskipun tidak mengeksplorasi ruang angkasa, melalui teknologi GE saya merasa bisa mengeksplorasi sektor-sektor tak kalah pentingnya, dimana saya juga bisa berkontribusi,” Tuturnya. "Hal tersebut sangat penting bagi saya," tegasnya.

Sejalan dengan posisinya kini sebagai MD yang bertanggung jawab dalam pengembangan pasar bisnis GE Indonesia, tugas Arka yang terutama adalah memosisikan GE Indonesia untuk terus bertumbuh di pasar Indonesia. “Saya optimis meskipun ini merupakan tantangan yang besar,” ujarnya. Menurutnya, One GE yang merupakan salah satu filosofi orang-orang GE bekerja adalah salah satu cara jitu dalam menaklukkan tantangan tersebut. “Secara internal, kami memperkuat struktur GE sebagai satu kesatuan-One GE dan bekerja di seluruh unit usaha untuk mendukung kemajuan klien. Secara eksternal, kami secara proaktif akan memberikan solusi dan masukan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan klien.” Ujarnya.

Tantangan Menjadi Peluang

Mencapai hasil maksimal dengan tantangan di atas bukanlah hal yang mudah. Namun, ditambah lagi, di masa pandemic COVID-19 yang bukan hanya bagi GE, tapi juga kepada semua sektor kehidupan manusia menjadi tantangan yang tak terelakkan. “New Normal” menjadi slogan yang menjadi koridor bagi semua kegiatan yang ada, dan di dunia bisnis tentunya sangat berdampak bagi klien dan mitra GE.

“Pandemi COVID-19 ini sangat berat, tapi positifnya malah membuat kami semakin dekat dengan klien dan mitra GE, dimana kami harus sangat tanggap dan cergas dalam menyesuaikan strategi untuk mendukung mereka dalam menyediakan kebutuhan bisnis mereka,” ujar Arka.

Menurutnya beradaptasi adalah satu-satunya cara untuk bisa dengan cepat menyesuaikan cara menjalankan bisnis dengan cara new normal, dengan pendekatan yang tetap sama; benar-benar secara efektif memenuhi kebutuhan klien yang bisa dilakukan dengan selalu melihat dari perspektif mereka.

“Kami mengubah tantangan ini menjadi peluang.” Ujar Arka.

Menurutnya sampai saat ini, praktik inilah yang dilakukan di GE. “Dukungan penuh dan komitmen karyawan GE yang berdedikasi dalam pekerjaannya masing-masing membuat ini tidak mustahil. Saya tidak sendiri.” Ujarnya. “GE Purpose yang mewajibkan semua leader dan tim GE di seluruh dunia untuk bertindak dengan rendah hati, memimpin dengan transparan, dan bekerja dengan focus, dimana ketiganya sejalan dengan misi GE- Building a Wolrd That Works.” Jelasnya.

Optimis Terhadap Indonesia

GE memiliki sebuah slogan yang tidak pernah berubah; GE is a partner for a better Indonesia dan sejak pendiriannya hingga kini, GE sepenuhnya mendukung pembangunan dan berusaha untuk terus turut berkontribusi demi kemajuan Indonesia. Dalam jangka panjang, GE akan memaksimalkan kontribusinya untuk tetap memberikan kualitas terbaik terutama dalam pembangunan infrastruktur kesehatan, penyediaan pasokan listrik yang andal kepada masyarakat.

Dalam berbagai perubahan dan gejolak di Indonesia, Arka menilai bahwa Indonesia memiliki prospek yang positif. Menurutnya, Indonesia merupakan salah pasar terbesar di Asia Tenggara, dan berhasil mengatasi berbagai tantangan ekonomi, termasuk krisis finansial dan moneter Asia pada 1998 dan krisis finansial global pada 2007-2008. Indonesia juga termasuk sangat cepat membangun berbagai infrastuktur untuk mendorong pertumbuhan ekonominya.

“Saya optimis karena GE Indonesia telah berkembang di pasar Indonesia dari tahun ke tahun, dan unit usaha GE di berbagai sektor; pembangkit listrik, penerbangan, energi terbarukan dan kesehatan sedang dalam kondisi terbaiknya untuk mendukung gelombang tantangan di Indonesia, khususnya selama dan pasca COVID-19.” Ujar Arka.

Optimisme Arka ini bukan tanpa alasan. Ini berkaca dari pengalaman pribadi di sepanjang perjalanan karir profesionalnya. Berbicara mengenai kunci keberhasilannya, dia mengatakan, “Kita perlu memiliki tujuan dan keyakinan bahwa apa yang kita lakukan adalah hal penting, berpikiran positif dan berani menantang diri sendiri. Juga, memiliki skill yang diperoleh dari pengalaman sebelumnya dan tentunya, selalu memelihara rasa ingin tahu dalam diri.”

Tentu, kutipan dari ucapan Arka di atas juga menjadi sebuah masukan bagi yang ingin menjadi leader yang berhasil, termasuk bagi pendatang baru di GE Family. “Bersikaplah selalu terbuka untuk mengeksplorasi GE sebagai tempat yang luar biasa untuk belajar dan berkembang secara pribadi dan profesional, manfaatkanlah open-door policy untuk membangun jaringan kerja, dan belajarlah memperluas koneksi profesionalmu di dunia usaha. Namun, yang lebih penting lagi, nikmatilah waktumu di GE karena GE adalah tempat kerja yang menyenangkan, bahkan di saat kamu mengerjakan pekerjaanmu yang paling utama sekalipun,” Tutupnya.

tags