Categories
Pilih Negara
Follow Us

Turbin 9HA Jadi Andalan Memasok Listrik Pulau Hokkaido

Kiprah GE untuk terus mendukung perkembangan industri pembangkit listrik di dunia terus berlanjut. Teranyar, Hokkaido Electric Power Company’s (HEPCO) mengumumkan, telah mempercayakan GE dengan produk andalannya, turbin 9HA, untuk menyediakan listrik yang efisien di Hokkaido, Jepang.

Hokkaido merupakan pulau terbesar kedua di Jepang yang memiliki jumlah prefektur terbanyak di Jepang, yang membawahi 13 sub-prefektur. Sebagai lazimnya pulau besar yang terdapat kawasan industri, pemukiman penduduk, pertanian dan berbagai kota-kota besar, suplai listrik yang andal sudah menjadi keniscayaan bagi pulau seluas 83.453,57 km2 dengan Ibu Kota Sapporo tersebut.

HEPCO berperan sebagai salah satu pemasok listrik di pulai tersebut. Belum lama ini, atau tepatnya pada 9 April 2019, HEPCO mengumumkan, pembangkit combined cycle power plant miliknya yaitu Ishikariwan-Shinko Power Plant Unit 1 berkapasitas 569.4 MW, telah mencapai fase COD (Commercial Operation Date).

Dari COD-nya pembangkit listrik tenaga termal berbahan bakar LNG HEPCO ini, secara otomatis semakin memodernisasi infrastruktur listrik HEPCO dan juga menambahkan diversifikasi serta desentralisasi pasokan listrik bagi seluruh pulau Hokkaido.

Namun GE tak sendirian untuk meningkatkan performa listrik di Ishikariwan-Shinko Power Plant Unit 1. GE juga bekerjasama dengan Toshiba yang berperan sebagai pemasok steam turbin.

“Kami bangga turbin gas GE yang paling unggul di industri ikut berperan menyediakan listrik yang efisien dan andal untuk HEPCO dan pelanggannya di Hokkaido,” kata Ramesh Singaram, Presiden GE Power Asia.

 

Mitra yang solid

Ramesh Singaram mengatakan, keberhasilan COD tersebut merupakan salah satu bukti solidnya kemitraan GE dan Toshiba yang terjalin sejak 2012 untuk menyediakan teknologi pembangkit listrik Ishikariwan-Shinko Power Plant Unit 1.

“Dari hubungan kerjasama yang sangat baik dengan Toshiba seperti kolaborasi penerapan teknologi terbaru dan paling canggih dari kedua perusahaan, akhirnya menyokong pertumbuhan kapasitas listrik dan kesejahteraan pulau Hokkaido untuk masa sekarang dan yang akan datang,” Ramesh Singaram menambahkan.

Sementara itu, Takeshi Aotsuka, Direktur Pembangkit Listrik Tenaga Termal Ishikariwan-Shinko HEPCO, berharap, dengan penggabungan teknologi canggih dari GE dan Toshiba di Ishikariwan-Shinko Power Plant Unit 1 ini dapat menjadikan sebagai salah satu pembangkit listrik yang mempunyai efisiensi tertinggi.

“Yang tak kalah penting bagi kami terkait keberhasilan ini adalah kami dapat menyediakan listrik yang sangat efisien dan andal bagi warga dan industri di Hokkaido,” kata Takeshi Aotsuka.

Subscribe to our GE Brief