Categories
Pilih Negara
Follow Us

Prowind Gunakan Turbin Cyrpress di Hutan Bavaria

Prowind GmbH sebuah perusahaan energi angin terkemuka yang berbasis di Osnabrück, Jerman sedang membangun proyek PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) terbarunya di hutan Bavarian, Jerman. Proyek PLTB mengambil nama Elfershausen yang mengadopsi nama kota seluas 34.92 km²  di distrik Bad Kissingen, Bavaria, Jerman.

Di PLTB Elfershausen, Prowind memesan tiga unit turbin angin terbaru dari GE yaitu Cypress. Prowind akan menggunakan tiga unit turbin Cypress yang masing-masing berkapasitas 4,8MW, berdiameter rotor 158m dan mempunyai ketinggian menara antara 150 dan 161 meter. Bilah turbinnya akan diproduksi oleh LM Wind Power di Spanyol.

“Kami senang menjadi yang pertama memasang turbin Cypress. Kami sangat gembira akan teknologi ini karena bisa menurunkan Levelized Cost of Electricity (LCOE),” ujar Johannes Busmann CEO, Pendiri dan Pemilik Prowind

Johannes Busmann mengungkapkan, pertimbangan lain menggunakan turbin Cypress karena teknologi tersebut sangat cocok untuk karakteristik PLTB Elfershausen yang berada di tengah hutan sehingga diperlukan turbin yang sangat fleksibel akan  pemasangan komponen dan bilah turbin.

Ditambah lagi Cypress memiliki desain blade revolusioner yang bisa dibelah dua terlebih dulu. Menurut dia, hal tersebut sangat ideal untuk mengurangi biaya transportasi dan memudahkan manuver truk dalam melintasi jalan di hutan Bavaria, tempat turbin akan dipasang.

Sementara GE Renewable Energy akan memberikan pelayanan produk dan jasa selama 20-tahun termasuk pelayanan jaringan berbasis data, rekomendasi ahli, dan layanan di PLTB secara berkelanjutan.

Peter Wells, CEO Onshore Wind untuk Eropa dan SSA di GE Renewable Energy mengaku bangga bisa berperan menjadi tonggak sejarah pesanan komersial pertama bagi Prowind untuk Cypress.

“Kami ingin terus membangun komitmen bersama Prowind untuk inovasi, kinerja yang berkualitas, kemitraan, dan kepercayaan. Bagi kami energi angin terus bisa bersaing dan akhirnya menang. Ini adalah kesempatan yang bagus dan kami menantikan perjalanan yang sedang berlangsung,” tutur Peter Wells.

PLTB Elfershausen dijadwalkan akan selesai tahun 2019 untuk kemudian bisa memasok listrik bagi Negara Belanda.

 

Mitra lama

Sebagai pemimpin dalam produksi energi bersih di Jerman, Prowind sudah memiliki kapasitas terpasang lebih dari 55MW yang bersumber dari energi terbarukan.

Bagi GE, Prowind adalah pelanggan lama. Tercatat dari mulai turbin angin berkapasitas 1.5MW sampai 2.5MW telah membantu menggerakan PLTB milik Prowind selama 10 tahun terakhir.

Salah satu proyek kerjasama lain adalah PLTB di Rumania. Ini merupakan kerjasama antara perusahaan Rumania yaitu Transelectrica, GE dan Prowind GmbH. Lokasi PLTB adalah di perbukitan Kabupaten Vaslui, timur laut Rumania.

“Proyek PLTB di Kabupaten Vaslui telah membawa manfaat besar untuk membantu meningkatkan kualitas kehidupan penduduk dan ekonomi nasional Rumania,” kata Johannes Busmann.

Subscribe to our GE Brief