Categories
Pilih Negara
Follow Us

Outlook GE 2018

Para ahli teknologi menilai GE telah menciptakan berbagai tren dan pioneer inovasi dari masa ke masa yang telah bisa menjadi pemicu transformasi bagi industri kecil maupun besar. Untuk sejumlah inovasi, seperti; Internet of Things, robotict, data sharing, juga beberapa teknologi pemanfaatan energi telah menjadi solusi nyata di berbagai negara. Lalu apa fokus bidang inovasi yang akan diciptakan GE tahun ini?

Energi Berkelanjutan

Kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan telah memberi tantangan tersendiri bagi pemerintah maupun pengembang ketenagalistrikan. Pasalnya, beberapa daerah yang memiliki populasi kecil dan tidak terhubung dengan jaringan listrik nasional, seperti Kalimantan dan bagian timur Indonesia, tidak memungkinkan untuk membangun pembangkit listrik dengan kapasitas besar. Untuk masalah ini, teknologi mobile storage yang terbukti menjadi jalan keluar yang praktis dan compact.

Marianne Wu, Presiden Investasi Ekuitas di GE Ventures, menuturkan, dua pertiga kapasitas listrik di seluruh dunia berasal dari sumber terbarukan. Yang artinya, hampir sekitar dua miliar penduduk di seluruh dunia telah berhasil mengakses listrik dari energi bersih. Jadi tak hanya di pedesaan atau pulau terpencil, pemanfaatan energi bersih seperti solar panel sekarang bisa juga diakses oleh penduduk kota dengan memasang di atap rumah. “Kondisi ini membuka tren bisnis baru,” kata dia.

Wu juga berpendapat, hal ini bisa membuka pasar baru bagi sektor energi, solusi bagi peningkatan elektrifikasi, dan investasi kelistrikan menjadi lebih terjangkau juga mendukung pengurangan emisi.

Selain itu, GE akan kembali memfokuskan pengembangan potensi dari energi bersih yang ada di daerah terpencil agar bisa menjadi solusi. Contohnya energi matahari, air, maupun angin. Seperti diketahui, pembangkit listrik dari energi hijau seperti ini sifatnya intermittent sehingga daya listrik yang dihasilkan bisa naik turun tergantung cuaca yang ada.

Teknologi Manufaktur

Selain mempunyai teknologi software yang telah mendapat pengakuan dari berbagai industri, karena membuat efisien mengakses data, GE juga telah mempunyai teknologi revolusi akan cara membuat produk industri yaitu; pencetakan 3D dan teknik pembuatan aditif.

Salah satunya adalah produk baru Turboprop GE, yang akan memperkuat Textron Aviation’s Cessna Denali. Tercatat sekitar 400 perancang, insinyur, dan ahli bahan bakar GE di Republik Ceko, Italia, Jerman, Polandia, AS serta negara lainnya yang menghabiskan dua tahun terakhir untuk mengembangkan mesin tersebut.

Dengan menggunakan teknologi terbaru dan 3D printing ini, para perancang mampu menggabungkan sekitar 855 komponen mesin menjadi 12 bagian. Seperti penggunaan kompresor pada mesin yang awalnya dikembangkan untuk mesin supersonik. Menggunakan teknologi digital untuk mengendalikan mesin turboprop juga memungkinkan pilot menerbangkan dengan kecepatan mesin jet hanya dengan satu tuas bukan tiga seperti sebelumnya.

Selain kecanggihan mesin, keuntungan lainnya yaitu bisa menghemat konsumsi bahan bakar dan mengurangi emisi. Teknologi ini sudah melewati serangkaian percobaan dan berhasil dikembang untuk diproduksi secara massal. Manufaktur aditif juga memungkinkan untuk menghasilkan suku cadang sesuai permintaan pelanggan, yang secara signifikan mengurangi biaya pergudangan dan transportasi.

Kesehatan

Managing Director Senior Investasi Perawatan Kesehatan di GE Ventures, Lisa Suennen menuturkan, beberapa inovasi kesehatan sudah terbukti secara klinis. Seperti perangkat pena yang bisa mendeteksi kanker dalam hitungan detik, aplikasi smartphone yang bisa menangkap indikasi gegar otak, sampai mesin yang bisa memetakan bentuk wajah dari data DNA.

Inovasi ini juga bisa mengakses ke sejumlah besar data yang dapat membantu dokter untuk mengetahui obat dengan penyakit yang diderita pasien. Jika pasien tersebut menderita penyakit kanker, dokter akan membantu dengan cara memprogram ulang sel kekebalan tubuh pasien tersebut untuk menjadi pejuang kanker yang kuat.

Analisis prediktif dan preskriptif seperti itu dapat membantu dokter melakukan intervensi sebelum terjadi sesuatu yang fatal. Teknologi printer 3D tersebut dapat memproduksi perangkat medis sesuai permintaan.

“Keliru jika ada yang mengatakan perawatan orang hanya perlu sentuhan. Kita perlu membuat perawatan kesehatan lebih personal, lebih akurat, dan lebih efisien, tapi hindari terlalu ketergantungan teknologi demi teknologi,” kata Suennen.

Kebijakan Transfer Teknologi

Pasar global saat ini telah menciptakan sebuah peluang untuk model strategis yang berbeda dari sistem sebelumnya, untuk mematenkan penemuan dan pemberian lisensi.

Pat Patnode, Presiden GE Ventures Licensing, mengatakan, saat ini GE memanfaatkan portofolio kekayaan intelektualnya untuk menciptakan model baru seperti kemitraan ekuitas dan pengaturan lainnya.

“Kami memanfaatkan mitra strategis yang membantu kami menghasilkan rencana bisnis, membangun tim, mengumpulkan uang, dan membawa teknologi kami ke pasar dengan cara baru,” kata Patnode.

image

Perangkat Lunak

Perusahaan industri memanfaatkan teknologi baru untuk menciptakan efisiensi, ketangkasan, dan skalabilitas.  Menurut Michael Dolbec, Direktur Pengelola Usaha Digital untuk GE Ventures, “Perusahaan yang menggunakan teknologi seperti perangkat lunak GE tidak akan merasa khawatir. Karena perangkat lunak tersebut dirancang dengan cerdik dan kokoh di bagian sistem, sehingga akan sangat membantu.”

Ia mencontohkan, kinerja pada turbin angin, mesin jet atau lokomotif, bila dirancang dengan benar dengan keamanan yang bagus, di mana dapat menjalankan proses dan skala yang tepat meskipun energi yang dihasilkan naik turun. Berkat pembelajaran mesin dan pembelajaran yang mendalam, komputasi juga menjadi lebih cerdas dan mampu mengendalikan perangkat secara real time.

Secara keseluruhan, GE Ventures berharap di tahun ini bisa mengantar terobosan teknologi yang lebih baik lagi, dan bisa mendorong pertumbuhan bisnis ke arah positif. Sehingga membuat para pelaku bisnis memusatkan perhatian pada integrasi dan memanfaatkan potensi inovasi dengan cara baru serta dinamis.

Di sisi kesehatan, diharapkan analisis data yang efisien dan dapat membantu pakar kesehatan dalam memberikan informasi yang akurat, sehingga mendapat perawatan yang tepat. Sementara dari sektor energi, teknologi dan pemanfaatan energi terbarukan diharapkan bisa menjadi sumber kekuatan sehingga konsumen semakin pintar dan mudah mengakses produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Subscribe to our GE Brief