Categories
Pilih Negara
Follow Us

120 Turbin LWS akan Diinstal di Gadhisa Wind Power

Pelaksanaan proyek Kebun Angin Gadhsisa berkapasitas listrik total 300 MW di Gujarat, India, milik ReNew Power telah dimulai sejak Desember 2018. Proyek yang ditargetkan mulai beroperasi dalam beberapa tahun ke depan ini akan menjadi proyek EPC (Engineering, Procurement and Construction) terbesar bagi GE Renewable Energy di India. karena nantinya, 120 turbin angin GE akan diinstal untuk melistriki sekitar 1.100.000 rumah di India

Mahesh Palashikar, CEO-Onshore Wind, Wilayah Asia mengatakan proyek ini merupakan tonggak sejarah yang penting bagi ReNew dan GE di India. Ia pun berharap nantinya proyek dapat berjalan dengan lancar.

“ReNew Power awalnya berhasil memenangi tender proyek kebun angin Gadhsisa pada putaran ketiga lelang yang dilakukan Solar Energy Corporation India pada bulan Februari tahun lalu. Dari keberhasilan tersebut, proyek ini menjadi  tonggak sejarah yang penting bagi ReNew dan GE di India, yang mana dampaknya bisa memperluas kemampuan kerja sama kami di seluruh Asia,” kata Mahesh Palashikar,.

 

Turbin LWS

Pada proyek tersebut nantinya akan diinstal turbin angin produksi GE terbaru berkecepatan rendah atau Low Wind Speed (LWS) 2,5-132. Turbin mempunyai diameter rotor,  wind captures yang lebih baik dan penawaran 30% lebih banyak dari pada jenis turbin sebelumnya yaitu 2.3-116.

Rancangan turbin ini merupakan hasil riset terhadap 22.000 turbin angin milik GE di seluruh dunia. Tempat perancangan dan perakitan turbin mayoritas dilakukan di pusat teknologi GE di kota Bengaluru, sebuah pusat penelitian dan pengembangan multidisiplin terintegrasi riset milik GE di India, yang dbangun untuk meningkatkan kolaborasi dan pengembangan pelanggan GE di Asia Selatan dan sekitarnya.

“Turbin baru ini dirancang khusus untuk daerah yang memiliki kecepatan angin rendah sehingga dapat meningkatkan daya saing GE di pasar India dan Cina. Pelanggan pun cenderung senang dengan keuntungan yang ditawarkan oleh teknologi terbaru ini,” imbuh Mahesh.

Dari proyek kebun angin Gadhsisa, diharapkan instalasi turbin angin berkecepatan rendah 2,5-132 LWS akan mengalami peningkatan yang signifikan. Proyek ini pun secara tidak langsung tentunya membuat footprint GE semakin meluas di dunia, yang mana saat ini tercatat ada 37 ladang angin dengan total kapasitas 1,8 gigawatt (GW) diproduksi oleh turbin milik GE.

Subscribe to our GE Brief